Sabtu, 31 Mei 2008

Pengertian Indeks Dan Indeks Komparatif MSCI

Indeks adalah suatu komposisi yang memberikan patokan kinerja bagi sekumpulan dana. Kecuali ada hal-hal khusus, setiap total tingkat pengembalian indeks memperhitungkan perubahan harga dan penanaman kembali deviden atau bunga yang dibayarkan oleh obligasi sesuai dengan periode yang tertulis pada obligasi tersebut. Perlu dicatat bahwa figur kinerja yang dimuat dalam indeks tersebut tidak memasukkan biaya transaksi maupun ongkos manajemen, yang mana jika ikut diperhitungkan akan menurunkan nilai total tingkat pengembalian. Para penanam modal tidak dapat menanam modal langsung ke dalam indeks.

Membandingkan kinerja suatu dana tertentu terhadap indeks pasar yang terkait dapat membantu anda melihat bagaimana kekuatan dana tersebut terhadap pasar terkait secara keseluruhan.Berikut ini adalah gambaran singkat dari indeks-indeks komparatif mandiri .

Indeks Komparatif MSCI
Semua indeks Morgan Stanley Capital International (MSCI) adalah kapitalisasi pasar tertimbang. Indeks bebas MSCI mencerminkan peluang beli yang aktual bagi investor global dengan memperhitungkan faktor pembatasan dari bursa lokal suatu negara mengenai kepemilikan saham oleh pihak asing. Semua indeks MSCI berdasarkan asumsi penanaman modal kembali dari pendapatan kotor (GTR).

Indeks MSCI Seluruh Negara (AC)
Indeks Dunia (GTR)Adalah indeks yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang mewakili 47 pasar negara maju dan berkembang di Amerika Utara, Eropa, Amerika Latin, dan kawasan Asia Pasifik.

Indeks Dunia (BEBAS) MSCIAdalah indeks yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang mewakili 22 pasar negara maju di Amerika Selatan, Eropa, dan Kawasan Asia/Pasifik.

Indeks Pasar Berkembang (BEBAS) MSCIAdalah indeks yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang mewakili 26 pasar negara berkembang di Eropa, Amerika Latin, dan Kepulauan Pasifik.

Indeks MSCI Seluruh Negara (AC)Indeks Bebas Asia Pasifik (GTR)Adalah indeks yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang mewakili 15 pasar negara maju dan berkembang di kawasan Asia Pasifik.

Indeks MSCI Semua Negara (AC)
Indeks Bebas Asia Pasifik tidak Termasuk Jepang (GTR)Adalah indeks yang terdiri dari perusahan-perusahaan yang mewakili 14 pasar negara maju dan berkembang di kawasan Asia Pasifik kecuali Jepang.

Indeks Eropa MSCIAdalah indeks yang terdiri dari perusahan-perusahaan yang mewakili 14 pasar negara maju di Eropa.

Pasar Berkembang MSCI
Indeks Bebas Amerika Latin (GTR)Adalah indeks yang terdiri dari perusahan-perusahaan yang mewakili tujuh pasar negara berkembang di Amerika Latin.

Tidak ada komentar: